Kanker Leher Rahim Adalah

Leher rahim membentuk hubungan antara rongga rahim dan vagina sehingga dengan begitu, merupakan bagian dari saluran lahir. Leher rahim menonjol sekitar satu sentimeter ke dalam kubah vagina. Justru bagian kecil ini merupakan tempat dari penyakit kanker leher rahim.

Di seluruh dunia, penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara termasuk keganasan pada wanita yang paling sering muncul. Kanker leher rahim, terutama ditemukan digolongan ekonomi lemah. Dengan pemeriksaan massal, kanker sering ditemukan pada stadium awal yang mudah ditangani, sehingga insidensinya diberbagai negara sejak tahun 50-an turun sampai kurang dari separuhnya. Infeksi virus human papiloma (HPV) yang ditularkan melalui hubungan kelamin, menyebabkan peningkatan resiko seperti juga merokok. Pil antihamil tidak memainkan peranan yang bermakna.

Secara umum penyakit kanker leher rahim diklasifikasikan menjadi dua, yaitu kanker serviks preinvasif (stadium displasia dan karsinoma in situ) dan kanker serviks invasif. Kanker serviks preinvasif dimulai dari perubahan abnormal, minimal dari serviks sampai perubahan sel-sel kanker yang menutupi serviks secara abnormal. Kanker serviks preinvasif kemungkinan besar (75-90%) dapat disembuhkan jika diketahui sedini mungkin dan dilakukan pengobatan yang tepat. Jika tidakk diobati akan berubah menjadi kanker serviks yang bersifat invasif yang sulit disembuhkan. Kanker serviks invasif yaitu sel-sel kanker yang telah menembus bagian terdalam dari jaringan serviks dan telah tersebar ke jaringan lain melalui pembuluh getah bening.

Penyebab kanker leher rahimbelum diketahui secara pasti, tetapi diduga sekitar 95% oleh sejenis virus human papilloma virus (HPV). Virus ini dapat menular melalui hubungan seksual. Selain itu, ada beberapa faktor resiko yang menjadi pemicu kanker leher rahim.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Leher Rahim and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *